Focus Group Discussion (FGD) Rekonstruksi Kurikulum dan Tata Kelola Jurnal
Pada hari Sabtu, 29 Juni 2024, Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Rekonstruksi Kurikulum dan Tata Kelola Jurnal” di UNS Tower Ki Hadjar Dewantoro. Acara ini dihadiri oleh Bapak/Ibu dosen dan tenaga kependidikan akademik Prodi Matematika, serta sejumlah besar mahasiswa. Partisipasi aktif dari berbagai pihak ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam menciptakan lingkungan akademik yang lebih baik dan berdaya saing.
Kegiatan FGD ini menghadirkan beberapa pembicara utama yang merupakan pakar di bidangnya:
- Dr. Budi Legowo, S.Si., M.Si. (Koordinator Bidang Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran LPPMP UNS) membahas strategi pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan zaman, menekankan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran, serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
- Dr. Mohtar Yunianto, M.Si. (Tim Jurnal UNS) menyoroti pentingnya pengelolaan jurnal yang berkualitas sebagai media publikasi ilmiah, serta memberikan panduan praktis untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas jurnal yang dikelola oleh prodi Matematika.
- Hardina Sandariria, S.Si., M.Sc. dan Deddy Rahmadi, S.Si., M.Sc. (Perwakilan Alumni) memberikan perspektif mengenai relevansi kurikulum yang telah mereka jalani dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Mereka berbagi pengalaman tentang bagaimana kurikulum yang adaptif dan dinamis dapat mempersiapkan lulusan dengan lebih baik
- Vitto Rendi Setiawan (Ketua Himatika) memberikan pandangan terkait kebutuhan dan aspirasi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Yang menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan zaman.
- Perwakilan Stakeholder menyampaikan harapan dunia industri terhadap lulusan prodi Matematika. Beliau menekankan kebutuhan akan lulusan yang memiliki keterampilan analitis, kemampuan problem solving yang tinggi, dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja.
- Perwakilan Mahasiswa menyampaikan tentang pembagian jam pengajaran yang merata, perbanyak praktikum, tugas lebih ke penilaian individu, dll.
Diskusi dalam FGD ini berjalan interaktif dan dinamis. Setiap pembicara memberikan pandangan dan masukan yang konstruktif berdasarkan pengalaman dan keahlian mereka. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan dan saran mereka, sehingga tercipta suasana diskusi yang produktif.
Dengan adanya kegiatan FGD ini, diharapkan Prodi Matematika FMIPA UNS dapat terus berinovasi dalam pengembangan kurikulum dan tata kelola jurnal, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja. Komitmen dari semua pihak yang terlibat menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi tersebut.