Dukung Digitalisasi UMKM di Kelurahan Setabelan Surakarta, Tim KKN 132 UNS Adakan Sosialisasi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat suatu daerah berdasarkan Tri Dharma perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan potensi serta sumber daya daerah yang dituju. KKN tematik dilaksanakan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Kelompok KKN 132 Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan kelompok KKN yang beranggotakan 10 mahasiswa dari Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan berkolaborasi bersama Riset Grup Mathematical Soft Computing, Kelompok 132 KKN UNS dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dr. Dewi Retno Sari S, S.Si, M.Kom.
Pada Senin (21/8/2023), Kelompok 132 KKN UNS mengadakan Sosialisasi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial untuk UMKM di Pendhapi Seta Manggala, Kelurahan Setabelan, Surakarta. Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan UMKM di Kelurahan Setabelan. Ketua Kelompok 132 KKN UNS, Rhadya Putranaya mengatakan bahwa UMKM di Kelurahan Setabelan belum dimaksimalkan. “Kelompok KKN kami membawakan topik ini untuk disosialisasikan kepada pelaku-pelaku UMKM di Kelurahan Setabelan karena kami melihat potensi besar dari UMKM di Kelurahan Setabelan belum dimaksimalkan,” ungkapnya.
Pemasaran digital adalah suatu strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk berupa barang maupun jasa melalui segala jenis media digital. Salah satu media digital yang dapat digunakan yaitu melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya. Tujuan utama dari pemasaran digital adalah untuk menjangkau konsumen lebih jauh serta memperkuat branding agar produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Pemasaran digital membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak konsumen daripada melalui metode konvensional dan lebih hemat biaya.
Dalam acara sosialisasi ini juga dibahas terkait cara membuat konten yang bagus untuk diunggah di media sosial serta cara melakukan foto dan video produk yang benar. Selain itu, pada akhir penyampaian materi terdapat demonstrasi cara membuat akun pada Google Business dan cara penambahan lokasi UMKM pada Google Maps yang diikuti oleh peserta sosialisasi. “Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap para pelaku UMKM bisa lebih memanfaatkan media sosial untuk dapat meningkatkan bisnis mereka,” harap Rhadya.