Skip to main content

    Workshop Pembelajaran dan Riset Kolaborasi Program Studi Matematika

    Pembelajaran berbasis riset didasari filosofi konstruktivisme yang mencakup 4 (empat) aspek yaitu: pembelajaran yang membangun pemahaman mahasiswa, pembelajaran dengan mengembangkan prior knowledge, pembelajaran yang merupakan proses interaksi sosial dan pembelajaran bermakna yang dicapai melalui pengalaman nyata. Riset merupakan sarana penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Komponen riset terdiri dari: latar belakang, prosedur, pelaksanaan, hasil riset dan pembahasan serta publikasi hasil riset. Kesemuanya itu memberikan makna penting yang dapat dilihat dari beberapa sudut pandang: formulasi permasalahan, penyelesaian permasalahan, dan mengkomunikasikan manfaat hasil penelitian. Hal tersebut diyakini mampu meningkatkan mutu pembelajaran.

    Kegiatan Workshop Pembelajaran dan Riset Kolaborasi dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 15-16 September 2017 di Hotel Best Wester Solo Baru.

    Workshop peningkatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Program Studi Matematika

    Sivitas akademika Universitas Sebelas Maret merupakan sumber daya yang dipandang oleh masyarakat memiliki kemampuan yang lebih karena kapasitasnya yang berada di dalam lingkungan IPTEKS. Untuk itu perlu kiranya sivitas akademik yang ada di lingkungan Universitas Sebelas Maret lebih khususnya dosen atau staf pengajar untuk mampu mengaktualisasikan kompetensi dan keahlian yang dimilikinya dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Lebih jauh lagi staf pengajar harus mampu untuk menulis hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut dalam media publikasi baik dalam bentuk seminar, lokakarya, jurnal ilmiah yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Program Studi Matematika mengadakan Workshop peningkatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat bagi staf pengajar di lingkungan Prodi Matematika.

    SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA 2017

    Matematika dikenal sebagai ilmu dasar. Matematika merupakan raja sekaligus pelayan bagi ilmu-ilmu lainnya. Pembelajaran matematika melatih kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis. Matematika memegang peranan penting di era digitalisasi dimana teknologi informasi dan pengetahuan berkembang sangat dinamis.

    Di jaman yang serba modern ini segala macam informasi dapat diperoleh dan disebarluaskan dengan mudah melalui berbagai media tanpa terhalang jarak dan waktu. Berbagai aplikasi dan program di komputer tidak lepas dari penerapan aplikasi matematika. Hal ini menunjukkan pentingnya matematika di era digitalisasi. Oleh karena itu, matematika dan aplikasinya perlu untuk dikembangkan untuk mendukung perkembangan peradaban manusia di era digitalisasi.

    Dalam rangka mewadahi berkembangnya ilmu matematika dan aplikasinya, Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika dengan tema “Matematika dalam Era Digitalisasi”. Untuk lebih detailnya bisa di akses di sini.