math

kemahasiswaan

Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan kemahasiswaan meliputi kegiatan ekstrakurikuler, yaitu kegiatan penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, perbaikan kesejahteraan mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas dan kuantitas dalam berorganisasi.

Kegiatan Penalaran dan Keilmuan
Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk :

  1. Forum akademik atau pertemuan ilmiah mahasiswa
    Kegiatan ini dimaksudkan untuk untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman akan jenis dan prosedur masing-masing forum akademik tersebut, dan sekaligus untuk memperluas wawasan mahasiswa. Kegiatan ini meliputi : studium general, diskusi dan diskusi panel, simposium, kolokium, lokakarya, seminar, baik di tingkat lokal, regional maupun nasional.
  2. Lomba Karya ilmiah
    Kegiatan ini dimaksudkan untuk merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan minat dan kemampuan meneliti, membaca dan menulis ilmiah, serta bekerja dalam tim di kalangan mahasiswa dalam bentuk kegiatan Lomba karya Tulis Mahasiswa (LKTM), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai DIKTI melalui kompetisi.
  3. Seleksi mahasuwa Berprestasi Utama (MBU) di tingkat Universitas.
  4. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan Perguruan Tinggi maupun Instansi lain.
  5. Kegiatan Olimpiade Bidang Matematika, Fisika, Kimia, maupun Biologi


Kegiatan Minat dan Kegemaran

Kegiatan ini meliputi :

  1. Olahraga mahasiswa : basket, sepakbola, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, beladiri, dll. yang masih dalam perintisan dan pembinaan.
  2. Kesenian mahasiswa : seni musik, seni tari, dll. yang masih dalam perintisan. Bahkan ada mahasiswa yang aktif di UKM UNS, misalnya : BKKI, KSR, WS, MENWA, dll.
  3. Penerbitan kampus mahasiswa : majalah dinding yang telah lama berkembang dan majalah mahasiswa
  4. Keterampilan mahasiswa : bidang komputer dan elektronika yang banyak dikembangkan oleh mahasiswa Jurusan Matematika, Fisika, dan Program D3 Ilmu Komputer.

Kegiatan Kesejahteraan Mahasiswa

Kegiatan ini meliputi :
  1. Kerohanian Mahasiswa
    Kegiatan ini antara lain untuk membantu meningkatkan iman dan ketaqwaan mahasiswa dan menumbuhkan kesejahteraan rohaniah mahasiswa dengan penyelenggaraan kegiatan bernafaskan keagamaan, seperti peringatan hari-hari besar keagamaan.
  2. Beasiswa
    Beasiswa tunjangan belajar ini dimaksudkan untuk membantu peningkatan kesejahteraan bagi mahasiswa yang kurang mampu dalam ekonominya namun berprestasi akademik yang tinggi. Berbagai jenis beasiswa yang tersedia antara lain : Supersemar, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Yayasan Tifiko, Yayasan Dharma Bakti Pertiwi, Yayasan Salim, PT Gudang Garam, Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Yayasan Toyota Astra, PT Pos Indonesia, AMINEF, PMS, SPUR, PT Unilever Indonesia, Stanvac Indonesia, Lovin PPI, Schlumberger, Mobil Oil, PT Djarum Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Bank Bukopin, Yayasan Peduli Solo, Yayasan ORBIT, Beasiswa Mahasiswa Unggulan, dll.
  3. Pemrosesan pemberian dispensasi pembayaran SPP dan BPI bagi mahasiswa UNS sesuai SK No. 557/J27/KM/2004 tanggal 5 September 2004.
  4. d. Pengelolaan dana kasih bags mahasiswa yang sakit dan operasi yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit sesuai dengan SK Rektor UNS No. 143/PT40/H/0/1998 tanggal 26 September 1998

Kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas berorganisasi

Kegiatan ini meliputi:
  1. Pelatihan ketrampilan berorganisasi bagi mahasiswa melalui up-grading, training yang diselenggarakan sendiri, LKMM tingkat dasar, menengah, dan lanjut yang diselenggarakan oleh universitas maupun DIKTI
  2. Pemilihan pengurus organisasi mahasiswa secara demokratis yang diawali dengan Mubes (Musyawarah Besar), sidang pleno, dan pemilu yang langsung, umum, bebas, dan rahasia.
  3. Studi banding ke organisasi mahasiswa sejenis atau sebanding di tingkat regional maupun nasional.
  4. Membentuk organisasi kelompok bidang sejenis atau sebidang di tingkat regional maupun nasional, misalnya IHMI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistik Indonesia), JRMN (Jaringan Rohis MIPA Nasional), IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia), dll.