math

berita

Lokakarya Kurikulum & Silabi dan Evaluasi Penjaminan Mutu Jurusan Matematika FMIPA UNS

rabu , 27/07/2011 - 14:01

Pada hari Senin-Selasa, tanggal 25-26 Juli 2011, jurusan Matematika FMIPA UNS menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Kurikulum & Silabi dan Evaluasi Penjaminan Mutu Jurusan Matematika FMIPA UNS. Lokakarya yang diselenggarakan di Hotel Pondok Asri Tawangmangu tersebut diketuai oleh Bapak Drs. Siswanto, M.Si dan diikuti hampir seluruh dosen Matematika, terkecuali yang berhalangan karena sedang tugas belajar.

Lokakarya ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dari semua elemen jurusan (pendidik dan tenaga kependidikan) dalam memperbaiki dan mengembangkan jurusan Matematika. Momentum tersebut digunakan untuk membahas beberapa hal, antara lain: Penetapan visi dan misi jurusan Matematika; Pembahasan profil dan kompetensi sarjana; Kaitan kompetensi dengan elemen kompetensi, kaitan rumusan kompetensi dengan bahan kajian, dan kaitan bahan kajian dengan kompetensi dalam mata kuliah; Penempatan mata kuliah; Evaluasi SOP; dan Rancangan indeks kinerja dosen, indeks kepuasan mahasiswa, dan indeks kepuasan alumni.

Peninjauan ulang terhadap visi, misi, dan kurikulum jurusan Matematika adalah sebagai bentuk respon hasil tracer study dari para alumni dan pengguna lulusan kita. Secara garis besar, beberapa usulan penting yang mendapat perhatian adalah perlunya melibatkan soft skill dalam kurikulum jurusan, seperti penguasaan bahasa inggris, kerjasama (team work), dan penguasaan IT. Sebagai tindak lanjut dari usulan tersebut, telah dihasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya adalah penggunaan bahasa inggris pasif dan aktif pada setiap matakuliah, pemanfaatan sistem E-Learning dan software komputer dalam proses belajar mengajar beberapa matakuliah, dan penambahan matakuliah bahasa inggris dan kewirausahaan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas dosen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, mencetak lulusan yang kompeten, dan meningkatkan pelayanan Jurusan Matematika FMIPA, telah disepakati rancangan indeks kinerja dosen, indeks kepuasan mahasiswa, dan indeks kepuasan alumni. Untuk mempermudah dan memperlancar pelaksanaan Outcome Assesment, akan dibentuk sistem informasi sehingga responden dapat memberikan skor pada form indeks secara online. Skor dari form indeks dapat digunakan sebagai alat evaluasi dosen dan pihak manajemen demi peningkatan kualitas layanan jurusan secara menyeluruh.

Demikian beberapa catatan penting dari lokakarya jurusan Matematika FMIPA UNS. Semoga realisasi dari hasil lokakarya ini segera terwujud demi perkembangan jurusan ke depan.