math

berita

Ucapan Selamat Kepada Shinta Budiati

kamis , 22/08/2013 - 22:07

Di tahun 2013, untuk kedua kalinya mahasiswa Matematika FMIPA UNS berhasil meraih Penghargaan Penelitian S1 Indofood Riset Nugraha. Mahasiswi tersebut Shinta Budiati dengan pembimbing utama Irwan Susanto, S.Si, DEA mengajukan proposal penelitian skripsi dengan judul “Pengelompokan Daerah Penghasil Bahan Dasar Tepung Komposit di Indonesia dengan menggunakan metode Latent Class Cluster Analysis (LCCA) “. Proposal tersebut merupakan salah satu dari 51 proposal yang terseleksi baik administrasi maupun substansi dari 235 proposal yang diajukan pada tahun 2013 ini. Penelitian yang terpilih berasal dari 22 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Program Indofood Riset Nugraha (IRN) adalah program penghargaan bagi peneliti unggul di bidang penganekaragaman pangan, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia. Program tersebut merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan dalam pilar Building Human Capital. Program IRN telah diakui dan mendapatkan penghargaan Asia Responsible Enterpreneurship Awards 2010 untuk kategori Investment in People dari Enterprise Asia, Anugerah Peduli Pendidikan 2011 dari Kementerian Pendidikan Nasional. Pada periode 2013-2014, IRN mengangkat tema “Penganekaragaman Pangan Melalui Pemanfaatan Aneka Tepung Komposit Dengan Memaksimalkan Komoditas Lokal”.

Pada tahun sebelumnya, 2012, mahasiswa matematika FMIPA UNS juga berhasil meraih penghargaan Indofood Riset Nugraha, atas nama Triyogo Budi Santoso dengan pembimbing utama Winita Sulandari, S.Si,M.Si dan judul penelitian : "Pengklusteran Kondisi Pasar Komoditi Jagung di Indonesia Menggunakan Self Organizing Map (SOM)".