math

pembelajaran

Misi Pembelajaran

Untuk mewujudkan tercapainya misi pembelajaran, telah diselenggarakan workshop peninjauan kurikulum dan silabi, Technical Assistance KBK, dan pelatihan active learning. Selain itu juga sudah diterapkan beberapa inovasi pembelajaran yang bersifat student centered learning melalui kegiatan teaching grant, dan problem based learning melalui research grant yang didanai oleh PHK A2

Dengan adanya kegiatan tersebut, maka terjadi efisiensi masa studi mahasiswa, penyelesaian tugas akhir semakin pendek, IPK meningkat dan jumlah mahasiswa yang DO menurun. Masa tunggu mahasiswa semakin pendek, dengan adanya Kuliah Magang Mahasiswa atau KMM, karena sudah terjalin hubungan antara Program Studi Matematika dengan instansi tempat magang mahasiswa

Mengajar

Semua mata kuliah di Program Studi Matematika telah tersusun silabusnya, yang dimaksudkan agar tercapai kesesuaian strategi dan metode dengan tujuan perkuliahan

Dalam rangka peningkatan efisensi dan produktifitas pengajaran diberikan beberapa inovasi: pembelajaran yang bersifat SCL, metode, bahan ajar dan media. Tersedia media OHP, komputer, laptop dan LCD serta pantauan mengajar untuk setiap mata kuliah. Inovasi pembelajaran dilakukan melalui kegiatan teaching grant yang didanai oleh proyek PHK A2 dengan harapan selanjutnya disosialisasikan untuk mata kuliah lain. Kegiatan mengajar setiap semester minimal 12 minggu pertemuan, dengan satu kali ujian mid dan satu kali ujian semester

Terdapat 27 mata kuliah yang disertai praktikum dengan memanfaatkan komputer atau teknologi informasi. Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir diberikan fasilitas komputer yang terkoneksi dengan internet dan juga tersedia SAT.

Belajar

Untuk membuka peluang bagi mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman materi sesuai dengan bidangnya, ketrampilan umum yang dapat ditransfer, pemahaman dan pemanfaatan kemampuan, kemampuan belajar mandiri, nilai motivasi dan sikap diberikan tugas-tugas untuk mengunjungi perusahaan-perusahaan. Bagi mahasiswa semester VI diberikan KMM, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Program Studi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang di lab komputasi sebagai asisten, sehingga akan meningkatkan keahlian mahasiswa di bidang teknologi informasi. Ada beberapa mata kuliah statistika yang didukung dengan praktikum menggunakan software Minitab, SPSS dan S-Plus, sehingga nantinya bisa menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menjadi konsultan statistik.

Penilaian kemajuan dan keberhasilan belajar

Penilaian akhir mengacu pada aturan PAP yang ada pada POS evaluasi pembelajaran. Unsur-unsur yang dinilai meliputi tugas, keaktifan, quiz, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Yudisium diberikan melalui KHS oleh Pembimbing Akademik atau PA setiap akhir semester. Dalam setiap penilaian dosen, kadang-kadang terjadi ketidakpuasan mahasiswa. Untuk mengatasi hal tersebut dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menanyakan tentang hasil pekerjaannya.

Proses pembelajaran dilaksanakan berdasarkan metode, media dan bahan ajar yang merupakan hasil penelitian atau pelatihan dosen. Hasil pembelajaran dari berbagai mata kuliah didokumentasi, untuk dapat dikembangkan atau disosialisasikan ke mata kuliah lain.

Kelangsungan mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran ditentukan oleh evaluasi setiap dua tahun dan empat tahun. Telah dijelaskan di atas bahwa yudisium setiap mata kuliah yang diambil per semester setiap mahasiswa diberikan oleh PA tiap akhir semester. Untuk yudisium menjelang kelulusan mahasiswa diadakan minimal sekali per periode wisuda tergantung kebutuhan

Untuk menjamin kepuasan mahasiswa dalam setiap perkuliahan diberi kesempatan kepadanya untuk menanyakan apabila ada terjadi ketidakpuasan tentang hasil penilaian. Pada setiap akhir semester mahasiswa diharuskan mengisi angket tentang evaluasi proses belajar mengajar dari setiap mata kuliah yang diambil melalui internet.