math

Sistem Penjaminan Mutu

Pengelolaan mutu secara internal pada tingkat program studi

Program Studi matematika telah melakukan upaya - upaya penjaminan mutu, ini ditunjukkan dengan telah tersusunnya beberapa Standar Operasional Prosedur (SOP). Pengelolaan mutu dengan menerapkan SOP ini telah dilakukan secara berkala walaupun masih terbatas pada kurikulum dan proses belajar mengajar.

Evaluasi kurikulum berupa peninjauan kembali kurikulum dalam kurun waktu lima tahun ini mengalami sekali perubahan yaitu pada akhir tahun 2006 dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Penerapan KBK ini sebagai tindak lanjut dari keinginan pengguna terhadap lulusan matematika agar dapat mengaplikasikan ilmunya dan kompeten di bidangnya.

Evaluasi proses belajar mengajar mengajar melalui kuesioner pembelajaran juga telah dilakukan rutin setiap akhir semester. Sistem monitoring ini pada awalnya masih bersifat manual dengan membagikan kuesioner pada mahasiswa pada akhir perkuliahan atau pada saat ujian akhir semester. Tetapi pada akhir tahun 2007 sistem monitoring sudah bersifat on line melalui SIAKAD dan pengisian kuesioner menjadi prasyarat keluarnya nilai akhir mata kuliah tersebut.

Evaluasi sistem penyusunan skripsi oleh mahasiswa juga telah dilakukan dengan terbentuknya SOP Penyusunan Tugas Akhir. Selanjutnya pada akhir semester, tim penjaminan mutu program studi mengevaluasi nilai indeks pembelajaran untuk dosen sebagai hasil kuesioner, nilai indeks semester dosen yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil perkuliahan seluruh mata kuliah yang diajarkan oleh setiap dosen dan presentasi kehadiran dosen dalam perkuliahan selama satu semester. Hasil evaluasi dilaporkan ke pihak program studi dan oleh tingkat program studi ditindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi hasil pembelajaran pada dosen dan mahasiswa. Selain itu hasil jaminan mutu juga disampaikan pada saat monitoring evaluasi internal dari universitas.